Catatan Jurgen Klopp Ketika Lawan Real Madrid

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp akan memimpin Liverpool ketika menghadapi Real Madrid pada laga Final Liga Champions musim 2017/2018. Partai puncak kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa ini akan dilangsungkan di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina pada hari Minggu, 27 Mei 2018 dini hari WIB mendatang.

Jurgen Klopp vs Real Madrid
Catatan apik Jurgen Klopp melawan Real Madrid

Pelatih berkebangsaan Jerman itu memiliki catatan yang cukup apik saat melawan tim raksasa La Liga Spanyol tersebut di kompetisi Eropa. Tinggal selangkah lagi Klopp akan mampu meraih trofi Eropa pertama kalinya sepanjang sejarah menjadi pelatih profesional. Hal itu akan terwujud apabila Ia mampu membantu pasukan The Reds mengalahkan perlawanan Los Blancos pada akhir pekan nanti.

Pertandingan nanti memang akan menjadi yang pertama bagi Klopp melawan Madrid dengan peran sebagai pelatih Liverpool. Akan tapi, bagi manajer yang kini telah menginjak usia 50 tahun, Madrid bukanlah lawan yang asing lagi.

Pada saat masih berstatus sebagai manajer Borussia Dortmund, Klopp setidaknya telah melawan Los Galacticos sebanyak enam kali di kancah Liga Champions. Rinciannya, Ia mampu mengandaskan Cristiano Ronaldo cs tiga kali, meraih hasil imbang satu kali dan sisanya harus berakhir dengan kekalahan.

Catatan cukup bagus tersebut tentu menjadi modal yang sangat berharga bagi Klopp untuk kembali melawan Madrid walau kini menangani Liverpool. Terlebih ambisis terbesar dirinya sekarang ini adalah menjawab rasa penasarannya akan trofi Si Kuping Besar yang telah dimulai sejak final pertamanya di kancah UCL musim 2013 lalu.

Jelang Final, Real Madrid Harus Maksimalkan Pengalaman Kontra Liverpool

Pemain lini belakang Real Madrid, Raphael Varane menegaskan jika timnya merasaka siap untuk menghapi ajang  Final Liga Champions di akhir pekan nanti. Varane mengatakan jika timnya memiliki banyak pengalaman dan menguasai atmosfir dalam final nanti. Apalagi ini bukanlah sebuah final perdana bagi klub asal Spanyol tersebut.

Prediksi Sundul Real Madrid vs Liverpool sendiri berkeinginan agar bisa menutup musim dengan baik di sebuah pertandingan yang besar. Dimana mereka akan mempertahankan gelar Liga Champions yang berlangsung di Kiev dengan berhadapan dengan wakil Inggris, Liverpool. Perwakilan Spanyol itu pun juga diyakini bisa mengatasi perlawana The Reds.

Apalagi dengan kemenangan El Real di ajang final bergengsi ini dalam dua tahun terakhir dinilai menjadi pembeda mereka, yaitu Liveerpool di ajang puncak final nanti. Varane sendiri secara langsung sangat berharap hal tersebut terjadi, karena dia merasa bahwa pengalaman di final bakal menjadi hal terpenting bagi sebuah tim.

“Dengan memiliki pengalaman bermain di sebuah laga final, membuat kami tahu jika laga nanti bisa dikatakan sulit,” ucap Varane kepada media. Pengalaman itu pun membuat kami menjadi lebih percaya diri. Kami sangat tahu apa yang harus kami lakukan agar bisa meraih kemenangan di pertandingan final nanti dan itu akan menjadi hal uang luar bisa.”

Ketika partai puncak tersebut, Klopp gagal mempersembahkan trofi UCL untuk Dortmund lantaran mengakhiri laga dengan kekalahan 1-2 atas Bayern Munchen yang juga sekaligus rival di kompetisi domestik, Bundesliga Jerman. Padahal, pasukan Klopp mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1, sebelum Arjen Robben menjadi pahlawan kemenangan The Bavarians.

Lantas, mampukah Jurgen Klopp melanjutkan catatan apik tersebut ketika menghadapi Real madrid sekaligus mempersembahkan trofi keenam untuk Liverpool dan tentu juga yang pertama bagi dirinya? Atau Klopp lagi-lagi harus menunda rasa penasarannya atas trofi si Kulit Besar dan justru membuat Real Madrid kembali berjaya dengan mencatatkan hattrick juara? Menarik untuk dinantikan.

CARA KLOPP HADAPI PERLAWANAN REAL MADRID

Real Madrid bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Pasukan Zinedine Zidane ini merupakan tim dengan pengalaman luar biasa di kancah Liga Champions. Terlebih lagi, mereka dihuni oleh pemain-pemain terbaik di dunia yang hampir mengisi semua sektor permainan.

Jurgen Klopp
Jurgen Klopp memiliki resep jitu untuk lawan tim berpengalaman seperti Real Madrid

Dalam lima musim terakhir, Los Blancos mampu tampil hingga ke partai final sebanyak empat kali. Dimana tiga diantaranya mampu keluar sebagai juara. Dan mereka menjadi tim pertama di era Liga Champions yang berhasil mempertahankan gelar juara atau back to back. Itu terjadi di musim 2015/2016 dan 2016/2017.

Faktor tersebut tentu cukup menjadi perhatian lebih bagi Liverpool yang tengah berambisi untuk melengkapi koleksi trofi UCL mereka menjadi enam. Namun, bukan berarti bahwa The Reds tidak mampu menandingi kehebatan yang dimiliki oleh Los Blancos. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp telah memiliki resep bagaimana menghadapi perlawanan tim pengalaman seperti Madrid.

“Memang bahwa sebuah pengalaman itu menjadi hal yang penting. Namun tentu hal tersebut dapat kita samai dengan sebuah gairah, kesiapan, sikap dan kerja keras. Jadi, kami akan berusaha dengan cara positif kepada semua pemain dan siap untuk memberikan segalanya,” ungkap Klopp.

Laga final Liga Champions akhir pekan nanti rasanya cukup sulit untuk ditebak. Bahkan beberapa situs yang menyajikan tentang prediksi Liverpool vs Real Madrid cukup susah dalam menentukan siapa yang unggul. Kedua tim sama-sama memiliki peluang.